Vista Bikin Boros Baterai Laptop


Ilustrasi (inet)

Jakarta - Sistem operasi Windows Vista ternyata bikin baterai laptop jadi boros. Baterai akan 'terkuras' lebih cepat dari yang diharapkan. Peringatan itu disampaikan sendiri oleh sang pembuat software Microsoft.

Menurut raksasa software asal Redmond itu, konfigurasi beberapa wireless access point tidak cocok dengan mode "power-saving" Wi-Fi yang ada di Windows Vista. Hal itu diakui Microsoft bisa membuat boros dan mengurangi umur baterai laptop.

"Hasil pengujian Microsoft dan pelanggan kami menunjukkan, beberapa pengguna Windows Vista beta mengalami masalah dalam hal konektivitas saat hendak terhubung ke hotspot Wi-Fi publik," papar senior manajer produk Microsoft Jason Leznek, dalam tulisannya di blog Vista, yang dikutip detikINET, Selasa (12/12/2006).

Umumnya, jelas Leznek, sebab utama permasalahan itu adalah karena tidak kompatibelnya akses point atau hardware router dengan protokol power-save 802.11.

Perusahaan menyarankan agar pengguna mengubah setting-an default mode "power saving", yang akan menguras baterai secara periodik, ke mode power-intensive.

"Skema "power-saving" untuk 802.11 wireless adapter sebenarnya bergantung pada akses point. Tapi masalahnya, banyak akses point yang tidak mengimplementasikan atau mendukung fitur "power-save" dengan benar," jelasnya lagi.

Untuk meyakinkan pelanggan bisa terhubung ke hotspot nirkabel, Microsoft mengubah setting-an tersebut sebelum Vista dilempar ke pabrikan bulan lalu. Dijelaskan lagi, pengguna juga bisa mengganti mode "power-saving" melalui menu "power options" yang ada di control panel Vista.

0 Comments:

Post a Comment



TML/JavaScript

Template © by Abdul Munir