Jakarta - Debut sistem operasi terbaru Windows Vista semakin dekat. Microsoft akan menggratiskan salinan Windows Vista ke beberapa penguji beta di Microsoft Connect, yang melaporkan sedikitnya ada satu bug.

Microsoft Connect sendiri merupakan situs dan layanan beta resmi Microsoft.

Beberapa penguji beta, seperti dilansir techweb dan dikutip detikINET, Senin (20/11/2006), nantinya bisa men-download dan menginstal kode final Vista Business atau Vista Ultimate secara cuma-cuma (gratis). Kode final dan product keys Vista kabarnya akan diberikan Microsoft ke pelanggan MSDN dan TechNet dalam waktu dekat.

Menurut blogger Windows Robert McLaws, gratisan Vista itu hanya berlaku bagi para penguji beta terpilih yang melaporkan setidaknya satu bug di Vista. Sedangkan penguji coba yang tergabung di Customer Preview Program (CPP), meski ada yang melaporkan bug, tidak mendapatkan gratisan itu.

Terkait hal ini, salah seorang user yang dikenali sebagai "Fairness" menuliskan kekecewaannya lewat sebuah comment di blog McLaws. "Jika Microsoft adil, harusnya anggota CPP yang melaporkan bug juga mendapatkan salinan Vista karena mereka juga punya kontribusi terhadap kesuksesan Vista," tulisnya.

"Saya sudah melaporkan lebih dari 20 bug, tapi saya bukan penguji beta resmi. Apakah tidak ada salinan Vista gratis untuk saya?" ujar salah seorang user lain.

Pastinya, salinan Vista secara gratis ini hanya diperuntukkan untuk penguji terpilih. Windows Vista sendiri rencananya akan diluncurkan untuk konsumer retail 30 Januari 2007. Sistem operasi anyar itu akan dibandrol mulai harga US$ 199 hingga US$ 399.

0 Comments:

Post a Comment



TML/JavaScript

Template © by Abdul Munir