Windows Vista (diolah/ist.)

Jakarta - Ingin mencoba Windows Vista sebelum memutuskan untuk membeli? Microsoft menjawab keinginan itu melalui situs "Windows Test Drive", gratis.

Vista kini bisa diuji coba dulu sebelum konsumen berniat membelinya. Raksasa software asal Redmond itu saat ini sudah memiliki situs online yang digunakan sebagai test drive. Langkah ini dilakukan Microsoft guna memerangi pemalsuan dan pembajakan software.

"Pengguna kini dapat mengakses preview Vista pada situs "Windows Test Drive," ujar Cori Hartje, direktur Genuine Software Initiative (GSI).

Dilansir PC World dan dikutip detikINET, Selasa (23/1/2007), situs tersebut menampilkan lingkungan Vista secara virtual. Pengguna juga akan ditunjukkan cara yang benar dalam melakukan pengujian software.

Sekalipun pengguna tidak ingin men-download Vista secara keseluruhan, beberapa software akan terinstal di komputer mereka. Test drive ini juga akan menilai harware komputer pengguna dan mengeveluasi apa saja yang harus diperbaharui agar Vista bisa diinstal. Tak hanya itu, Microsoft juga menawarkan preview gratis Office 2007.

Pembajakan

Di kesempatan yang sama, Hartje juga membicarakan tentang kemajuan program GSI, yang dirilis Microsoft pada Juli 2005 untuk menghindari produksi software palsu dan bajakan.

Dikatakan Hartje, Microsoft gencar menggalakkan program Windows Genuine Advantage (WGA). WGA sendiri merupakan program yang digelar Microsoft untuk mengetahui keaslian software. Salah satunya berisi software anti pembajakan yang mengumpulkan informasi dari PC (komputer) pengguna dan mengecek apakah PC tersebut memakai salinan Windows bajakan atau tidak.

Melalui program ini pulalah, pengguna software Microsoft bisa melapor jika mereka menerima software bajakan. Sejauh ini laporan yang sudah masuk sebanyak 56.000 laporan.

Banyak yang melempar kritik atas usaha anti pembajakan ini. Namun Hartje justru bersikukuh bahwa usaha ini hanya untuk meyakinkan konsumen agar benar-benar membeli software yang sah dari Microsoft. Hartje juga menyebutkan laporan yang dikumpulkan dari konsumen oleh Yankee Group, yang memperlihatkan bahwa pemakaian software palsu terkadang merugikan perusahaan itu sendiri.

0 Comments:

Post a Comment



TML/JavaScript

Template © by Abdul Munir