Fransiska Ari Wahyu - detikinet

Angelina Jolie (Softpedia)

Jakarta - Perusahaan keamanan Sophos menobatkan Tojan Horse bernama "Pushdo" sebagai malware (program jahat) paling mengancam di bulan November, dengan persentase 29,3 persen. Virus ini disebarkan dengan iming-iming gambar bugil Angelina Jolie atau Britney Spears.

Di tempat kedua, virus yang populer adalah W32/Traxg dengan persentase ancaman 23,6 persen, sedangkan di tempat ketiga ada W32/Netsky dengan persentase 17,8 persen. Dua posisi terakhir ditempati oleh W32/Strati dengan persentase 2,8 persen dan W32/Bagle dengan persentase 1 persen.

"Keberhasilan Pushdo menempati posisi pertama menandakan kesuksesan para penjahat dunia maya untuk menciptakan berbagai cara menebar virus secara cepat. Pengguna komputer diiming-imingi dengan gambar bugil Britney atau Angelina Jolie. Dan ternyata cara ini berhasil," ujar Graham Cluley, konsultan teknologi di Sophos, seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Selasa (4/12/2007).

"Tak disangka, Traxg mengancam di posisi kedua. Ini menunjukkan fakta bahwa worm sederhana masih bisa menyusup ke komputer. Hal ini mengindikasikan bahwa banyak pengguna komputer dan perusahaan yang lalai menginstal antivirus, bahkan antivirus yang paling dasar sekalipun," tambah Cluley.

Ancaman virus ini mengingatkan pengguna untuk selalu melindungi komputer, khususnya inbox. Abaikan pesan-pesan e-mail yang meragukan atau tak dikenal, karena siapa tahu di antara email-email tersebut terdapat ancaman virus berbahaya.

0 Comments:

Post a Comment



TML/JavaScript

Template © by Abdul Munir