Fino Yurio Kristo - detikinet

Boeing 787 (aerospacetechnology)

Jakarta - Bagaimana jika penumpang yang berniat jahat mampu mengambil alih sistem penerbangan pesawat? Kemungkinan berbahaya ini disinyalir bisa terjadi di pesawat baru 787 Dreamliner besutan perusahaan Boeing.

Menurut lembaga penerbangan Federal Aviation Administration(FAA), Boeing 787 Dreamliner punya celah keamanan di jaringan komputernya. Celah keamanan ini memungkinkan penumpang bisa mengakses sistem navigasi dan komunikasi pesawat.

Celah keamanan ini terjadi karena sistem internet dalam pesawat, terkoneksi dengan jaringan kendali dan navigasi pesawat. Sistem internet ini dibuat karena diprediksi, internet di pesawat adalah hal umum di masa depan. Disebutkan, agar lebih aman seharusnya jaringan komputer penumpang dipisahkan dari jaringan sistem penerbangan pesawat.

Menanggapi temuan FAA itu, Lori Gunter selaku juru bicara Boeing menandaskan bahwa meski jaringan saling berhubungan, telah ada semacam sistem perlindungan untuk mengantisipasi pembobolan. Namun Boeing tetap memperhatikan masalah tersebut dan mencari solusi terbaik.

Ketika pesawat telah jadi sempurna, diharapkan sistem komputer telah mumpuni sehingga keamanan pesawat terjamin. Pesawat baru Boeing 787 Dreamliner ini berada pada tahap akhir produksi dan rencananya akan diluncurkan akhir tahun 2008. Demikian seperti dikutip detikINET dari Sidney Morning Herald, Senin (7/1/2008).

0 Comments:

Post a Comment



TML/JavaScript

Template © by Abdul Munir