Virus dease_cribes?

dease_cribes

Nadira, this is for u
I am So Pain, because i am rotten in pain
for ->all the people in the world
–>someday u will pain too
now I am –> betwen life and death
thanks to all my friends, u also pain too
Nad, u are my inspirate,–>please back
thank to big family RIP
people doesn’t care with life for
++++++++++
———-

Di kantor saya, sudah ada dua komputer (PC) yang menayangkan baris-baris puisi tersebut dan pengguna-penggunanya tidak ada yang menuliskannya. Kemungkinan besar itu disebabkan oleh adanya virus yang menjangkiti PC-PC itu.

Awalnya seorang teman memberitahukan bahwa komputernya bermasalah. File-filenya tidak dapat dibuka. Icon file berubah menjadi icon folder. Saya pikir itu sejenis virus Brontok, maka saya siapkan PC Media Antivirus terbaru (PCMAV 1 RC8) dalam sebuah CD yang biasanya mempan mengatasi virus tersebut. Saya lihat sejenak, dalam salah satu folder banyak sekali ditemukan file-file berikon folder dengan besar 56 KB. Ekstensi file tidak terlihat. Saya cek pada menu Tools di Windows Explorer, Folder Option menghilang. Saya coba jalankan PCMAV dari CD, tidak ada reaksi apa-apa. Saya coba salin file PCMAV.exe ke salah satu folder, tidak berapa lama file berubah icon dan besar filenya menjadi 56 KB. File asli tidak nampak. Saya mencoba menyalin file image, ternyata reaksinya sama saja, file berubah icon dan besarnya. File asli menghilang.

Mencoba akses sharing file di jaringan, niatnya mengambil update antivirus, kebetulan nama direktorinya “antivirus”, kontan saja Windows Explorer menutup. Memencet Ctr+Alt+Del, tombol Task Manager tidak aktif. Menggunakan Tuneup Utikities, masuk ke menu Process Manager, tapi langsung tertutup. Berulang-ulang mencoba, sempat terlihat dan saya sempat curiga dengan adanya process dease_cribes.exe yang sepertinya aktif sekali dilihat dari konsumsi CPUnya. Sebelum box menutup, saya sempat mengklik kanan dan memlilih End Process, tetapi yang muncul notepad dengan isi puisi di atas, sampai kemudian box yang menampilkan process menghilang. Mencoba lagi membuka dan langsung klik kanan salah satu process, nampak dease_cribes.exe sudah bercokol kembali.

Setelah itu saya restart PC dan masuk ke Safe-Mode. Saya ulangi kegiatan-kegiatan di atas, ternyata hasilnya sama saja.

Mengenai hilangnya file-file asli, saya pilir hanya disembunyikan (hidden). Ketika saya akses halaman web yang berisi form upload saya coba upload salah satu file image yang sebelumnya saya salin. Yang nampak pada kotak input adalah file berekstensi .exe. Saya coba ganti ekstensinya menjadi .jpg, file berhasil diupload. Jadi perkiraan saya bahwa file hanya disembunyikan sepertinya benar.

Sampai kemarin, saya masih membiarkan PC dalam keadaan seperti itu, karena sudah tidak tahu apa yang harus dilakukan tanpa mengorbankan file-file data yang ada, disamping adanya kesibukan lain. Apabila di antara saudara-saudara yang membaca ini ada yang mengetahui bagaimana mengatasi virus tersebut kiranya dapat memberitahu saya melalui kotak komentar di bawah, sebelumnya terima kasih.


maseko.blogspot.com

0 Comments:

Post a Comment



TML/JavaScript

Template © by Abdul Munir