folder-options-med Tadi siang, saat berkunjung ke salah seorang teman, saya sempat memperhatikan melalui Windows Explorer di laptopnya, ekstensi file-file yang sudah dikenal Windows tidak ditampilkan. Menuruti kebiasaan saya, maka saya pun membuka menu Folder Options kemudian memilih tab View. Ketika melihat dalam daftar pengaturan pada Advanced setting, ternyata saya tidak menemui pengaturan "Hide extensions for known file types". Tidak hanya pengaturan tersebut, baris pengaturan "Hide protected operating system files" juga tidak nampak. Entahlah, apakah ada setting-setting lain yang disembunyikan, tapi dua pengaturan tersebut yang oleh saya dapat diketahui waktu itu.

Menurut penuturan teman saya, beberapa hari yang lalu memang sempat terdeteksi adanya virus oleh PC Media Antivirus (PCMAV) ketika menggunakan USB flash drive, dan menurutnya bisa ditangani, tetapi dia lupa nama virus yang menginfeksinya. Bisa jadi memang terkait, karena seingat saya memang ada virus dengan karakteristik seperti itu. Karena tadi siang tidak memungkinkan mencari informasi di internet, maka saya mencoba-coba melihat registry-nya.

folder-options-regedit

Ketika saya masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Explorer\Advanced\Folder\, pada folder HideFileExt dan SuperHidden yang saya perkirakan, terdapat nama item yang mencurigakan yaitu _heckedValue, dan setelah memperhatikan adanya nama item lain yang bernama UncheckedValue, maka saya mencoba mengubah _heckedValue menjadi CheckedValue. Setelahnya saya mencoba melihat melalui menu Folder Options pada Windows Explorer, dan hasilnya kedua menu pengaturan yang tadinya menghilang sudah hadir kembali.

Setelah googling sambil menulis postingan ini, saya menemukan artikel pada halaman web majalah PC Media, dan berdasarkan ciri-ciri yang kurang lebih sama seperti tersebut pada artikel tersebut, virus tersebut kemungkinan besar adalah GetRaw. Saya tidak menanyakan PCMAV versi berapa yang digunakan teman saya, karena jika berdasarkan artikel tersebut, seharusnya PCMAV sudah mampu mengatasinya.

0 Comments:

Post a Comment



TML/JavaScript

Template © by Abdul Munir