Internet Dikuasai Asia Pasifik di 2012


Warnet di China (AFP)

Jakarta - Kegandrungan pada internet masih akan terus melanda bumi. Jumlah penjelajah dunia maya ini terus saja bertambah secara signifikan.

Biro penelitian internet, eMarketer, melaporkan bahwa di tahun 2007 yang baru saja berlalu, 1,15 miliar penduduk dunia atau 17,5 persen dari keseluruhan populasi, merupakan pemakai internet.

Diprediksi, jumlah itu akan naik signifikan. Pada tahun 2012, sebanyak 1,7 miliar penduduk dunia atau 24,5 persen dari keseluruhan populasi, akan menyambangi internet setidaknya sekali dalam sebulan.

Di kawasan Asia Pasifik di mana Indonesia termasuk di dalamnya, jumlah pengakses internet akan menembus jumlah setengah miliar atau 500 juta orang pada tahun 2008 ini. China menempati posisi tertinggi untuk soal akses internet di wilayah Asia ini, dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 200 juta jiwa.

Masih menurut prediksi eMarketer itu, di tahun 2012, separuh pemakai internet dunia akan berada di Asia Pasifik sehingga wilayah ini akan merajai akses internet, dengan jumlah pengguna jauh lebih banyak daripada wilayah lainnya. Adapun negara-negara seperti Cina, Rusia, India, Brazil dan Meksiko akan jadi penggerak utama dalam pertumbuhan pemakai internet dunia di masa-masa mendatang.

Ditambahkan, pada tahun 2007, Belanda dan negara-negara di wilayah Skandinavia dilaporkan memiliki penetrasi akses internet tertinggi. Seperti dikutip detikINET dari ComputerWorld, Senin (25/2/2008), sekitar 80 persen penduduknya merupakan pengakses internet aktif.

0 Comments:

Post a Comment



TML/JavaScript

Template © by Abdul Munir