Google Digugat Mantan Pegawai US$ 25 Juta


Google Sky Demo (google)

Atlanta - Google dituding telah mencuri ide mantan pegawainya. Tak ayal, perusahaan mesin pencari situs yang tersohor itu pun menerima gugatan sebesar US$ 25 juta. Adalah Jonathan Cobb, mantan pegawai kontrak Google, yang mengajukan gugatan tersebut ke pengadilan federal distrik di Atlanta, Amerika Serikat.

Cobb mengklaim bahwa dirinyalah yang mengagas berbagai ide mengenai fitur Google Sky di Google Earth dalam sebuah diskusi internal via email. Diskusi yang katanya diiikuti oleh para petinggi Google itu berlangsung pada 2006 lalu, di mana saat itu Cobb mengaku masih bekerja di perusahaan tersebut.

Dalam gugatannya, Cobb menuding Google telah mengambil ide dan konsepnya tentang Google Sky tanpa memberikan penghargaan atau kompensasi apapun. Fitur-fitur yang diklaim pria itu, misalnya, pada penyajian tampilan gambar siang dan malam di Google Sky.

Seperti dikutip detikINET dari InformationWeek, Senin (18/2/2008), perwakilan Google sendiri belum berkomentar mengenai gugatan ini. Adapun Google Sky adalah layanan yang diluncurkan di Google Earth pada Agustus 2007 lalu. Melalui layanan ini, para pengakses bisa mengamati berbagai macam obyek angkasa.

0 Comments:

Post a Comment



TML/JavaScript

Template © by Abdul Munir