Samurai Serang Komputer Bikin Repot


Screenshot Virus Battosai (vaksincom)

Jakarta - Bayangkan seorang pendekar samurai menyerang komputer dengan pedangnya yang tajam. Nah, meski serangan samurai yang satu ini bukan fisik, tapi tetap merepotkan.

Samurai itu adalah sebuah virus yang bernama resmi W32/Autorun.AD. Namun virus itu juga dijuluki Battosai, sesuai dengan julukan untuk tokoh Kenshin Himura dari serial anime dan manga Samurai X.

Julukan itu diberikan pada sang virus karena, ciri-ciri pengguna yang terkena 'sabetan pedang' sang samurai adalah munculnya gambar siluet Kenshin Himura pada folder Windows. Demikian pernyataan dari analis virus Vaksincom yang diterima detikINET, Rabu (10/10/2007).

"Virus yang terdeteksi oleh Norman Virus Control sebagai W32/Autorun.AD ini cukup merepotkan karena tetap aktif di Safe Mode dan Safe Mode with Command Prompt dan mengganti background komputer korbannya dengan gambar Battosai," sebut Ad Sap, analis antivirus dari Vaksincom.

Meski merepotkan, virus ini disebut tidak terlalu rumit. Pasalnya sang samurai tidak memblokir aplikasi penting seperti Task Manager, Regedit dan MSConfig. Ciri lain dari virus ini adalah ia membuat duplikat beberapa file sistem menjadi file tanpa icon berukuran 91 kilobyte dan berakhiran .exe.

Battosai menyebar melalui media penyimpanan seperti disket atau USB Flash Drive maupun removable drive lainnya. Untuk mengatasi virus ini dengan mudah, pengguna komputer disarankan menggunakan program antivirus yang ter-update.

0 Comments:

Post a Comment



TML/JavaScript

Template © by Abdul Munir